KOMPUTER TERCEPAT DI DUNIA 2011

SAN FRANCISCO–MICOM: Dalam peringkat superkomputer dunia terkuat, Jepang kini meraih tempat teratas.

“Komputer yang dikenal sebagai komputer K kinerjanya lebih cepat tiga kali daripada saingannya di China yang sebelumnya memegang posisi teratas,” kata Jack Dongarra, Profesor Teknik Elektro dan Ilmu Komputer di Universitas Tennessee yang resmi menentukan peringkat kinerja komputer.

Lima ratus peringkat teratas kinerja komputer akan dirilis Senin depan dengan menjalankan persamaan matematika dasar. Pemenangnya mampu membuat perhitungan 8,2 kuadriliun per detik atau dalam istilah teknis lebih dari 8,2 petaflops.

“Kinerja K setara dengan menghubungkan sekitar satu juta komputer desktop,” tambah Dongarra seperti dikutip nytimes.com, Minggu (19/6). Superkomputer itu bisa digunakan untuk simulasi gempa bumi, pemodelan iklim, penelitian nuklir, pengembangan senjata, eksplorasi minyak, dan perdagangan saham.

K dibangun oleh Fujitsu terletak di Riken Advanced Institute for Computational Science di Kobe, Jepang. Untuk membangunnya dibutuhkan biaya banyak, melibatkan ribuan komputer kecil di sebuah pusat data, terdiri dari 672 lemari penuh dengan papan sistem.

Energi yang dibutuhkan hampir setara dengan 10.000 rumah berbiaya sekitar US$10 juta per tahun. K adalah singkatan untuk kata Kei dalam bahasa Jepang yang berarti 10 kuadriliun.

Superkomputer itu berhasil mengalahkan superkomputer buatan China Tianhe-1A yang ada di National Supercomputing Center daerah Tianjin. (*/OL-5)

SUMBER DARI http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/06/236535/292/7/K-Komputer-Tercepat-Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s